on . Hits: 89

Pengadilan Agama (PA) Bontang
dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bontang
Tandatangani Perjanjian Kerjasama
Terkait Pemeriksaan Kesehatan bagi Permohonan Dispensasi Kawin

Bontang (21/06), bertempat di Media Center PA Bontang, PA Bontang yang diwakili oleh Bapak H. Samad Harianto, S.Ag., M.H, dan Pemerintah Kota Bontang melalui Dinkes Kota Bontang yang diwakili oleh Ibu dr. Totoek Pribadi Ekowati, M.Kes secara resmi menandatangani Perjanjian Kerjasama tentang Layanan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Pemohon Dispensasi Kawin Pada Pengadilan Agama Bontang (Perjanjian Kerjasama).

Turut hadir dalam penandatanganan Perjanjian Kerjasama ini Walikota Kota Bontang Bapak Basri Rase, S.IP., beserta jajaraannya, Pejabat Dinas Kesehatan Kota Bontang, serta seluruh Aparatur PA Bontang.

Kegiatan penandatangan kerjasama diawali dengan penyampaian laporan sekaligus sambutan oleh Kepala Dinkes Kota Bontang dr. Totoek Pribadi Ekowati, M.Kes., yang dalam sambutannya, menyampaikan bahwa penanganan kesehatan khususnya terkait fenomena perkawinan di bawah umur merupakan tanggung jawab bersama. Oleh karenanya, penandatanganan dan pelaksanaan Perjanjian Kersama ini bagaikan gayung bersambut, dimana PA Bontang dan Dinkes Kota Bontang dapat bersinergi dalam menangani dan apabila dimungkinkan, mencegah berkembang pesatnya fenomena Dispensasi Kawin di Kota Bontang.

Kegiatan penandatangan kerjasama dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua PA Bontang Bapak H. Samad Harianto, S.Ag., M.H., yang dalam sambutannya memaparkan terkait fenomana penambahan/ peningkatan jumlah permohonan  dispensasi kawin mulai tahun 2019 sampai dengan saat ini. Adanya fakta tersebut membuktikan bahwa perlu adanya penanganan perkawinan usia anak, tersecara sistematis mulai dari hulu sampai ke hilir (whole of government).

Dalam sambutannya juga, Ketua PA Bontang berharap bahwa dengan adanya Perjanjian Kerjasama ini dapat meningkatkan sinergitas penanganan fenomena perkawinan di bawah umur, serta nantinya rekomendasi/ surat keterangan yang diterbitkan oleh Dinkes Kota Bontang dapat menjadi salah satu pertimbangan Hakim pemeriksa perkara Dispensasi Kawin.

Kegiatan dilanjutkan dengan agenda utama yaitu penandatanganan Perjanjian Kerjasama, yang disusul dengan sambutan Walikota Kota Bontang Bapak Basri Rase, S.IP sekaligus menyampaikan pesannya terkait fenomena perkawinan di bawah umur, khususnya yang terjadi di Kota Bontang.

Walikota Kota Bontang Bapak Basri Rase, S.IP turut berpesan pula bahwa optimalisasi sinergitas sangatlah diperlukan, salah satunya sebagaimana yang akan dilaksanakan PA Bontang dan Dinkes Bontang berkenaan dengan perkawinan di bawah umur. Lebih lanjut, pihaknya juga berkomitmen untuk selalu aktif mendukung setiap program, sepanjang bertujuan untuk melayani masyarakat.

Sebagai informasi, penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara PA Bontang dan Dinkes Bontang adalah implementasi dan merupakan bentuk tindaklanjut dari:

  1. Pasal 15 huruf d Peraturan Mahkamah Agung Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pedoman Mengadili Permohonan Dispensasi Kawin; serta
  2. Surat Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama No. 2449/DjA/HM.00/4/2022, tanggal 22 April 2022, perihal: Koordinasi dan Perjanjian Kerjasama dengan Dinas Kesehatan.

Adapun dengan dijalinnya kerjasama ini, pendaftaran perkara Dispensasi Kawin di PA Bontang perlu memerhatikan syarat tambahan sebagaimana ditentukan dalam Perjanjian Kerjasama. (AS)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bontang
Jl. Awang Long No. 69
Kota Bontang - 75313
Kalimantan Timur

Telp: (0548) 23001
e-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor