banner pa bontang

on . Hits: 45

Peringati HUT Ke 18, PA Bontang Potong Tumpeng dan Bagi Doorprize Pada Aparatur

Bontang, Jum’at (26/03) Bertempat di Lapangan Apel Pengadilan Agama Bontang, seluruh Aparatur Pengadilan Agama Bontang bersama Ibu-Ibu Dharmayukti Karini  Cabang Bontang dan Keluarga besar PA Bontang Laksanakan Peringatan HUT Pengadilan Agama Bontang yang Ke 18 tahun.

HUT KE 18 PA BONTANG

Kegiatan Peringatan HUT Ke 18 Pengadilan Agama Bontang dengan Tema Semangat menuju gelar Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dimeriahkan dengan Kegiatan Senam Pagi bersama, Pemotongan tumpeng, dan Pembagian Doorprize kepada seluruh Aparatur Pengadilan Agama Bontang.

Dalam sambutannya, ketua PA Bontang H. Samad Harianto, S.Ag., M.H., menyampaikan bahwa peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PA Bontang ini merupakan momen penting dalam rangka memperingati perjuangan pendahulu-pendahulu dalam membangun dan memajukan PA Bontang, serta sebagai bentuk syukur dan doa dengan harapan tahun 2021 ini PA Bontang dapat memperoleh Predikat WBK.

Sejarah berdirinya Pengadilan Agama Bontang dimulai dengan SK Wali Kota Bontang melalui Surat Keputusan Nomor 400/533/Sosial/II/2002 pada tanggal 7 Maret 2002, merekomendasikan kepada Menteri Agama RI agar Pengadilan Agama Bontang dapat dibentuk di Kota Bontang untuk melayani pencari keadilan, khususnya warga dan penduduk Bontang yang mayoritas beragama Islam.

Kemudian, Menteri Agama RI melalui Surat Keputusan Nomor MA/402/2002 meminta persetujuan kepada Menteri Perdayagunaan Aparatur Negara untuk membentuk 12 Pengadilan Agama yang baru, dan Menteri Perdayagunaan Aparatur Negara telah memberikan persetujuan sesuai dengan Surat Keputusan Nomor 406/M.PAn/11/2002 tanggal 29 November 2002.

Selanjutnya, Menteri Agama RI mengusulkan kepda Presiden untuk membentuk 12 Pengadilan Agama yang baru, maka terbitlah Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2002 tentang Pembentukan 12 Pengadilan Agama se-Indonesia, di mana salah satu di antaranya adalah Pengadilan Agama Bontang. Di antara Pengadilan Agama se-Indonesia yang saat itu berjumlah 348, pembentukan Pengadilan Agama Bontang berada pada urutan ke-338.

Untuk menindaklajuti Keputusan Presiden Nomor 62 tahun 2002 tersebut, selanjutnya Menteri Agama mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 28 Tahun 2003 tentang Pembentukan Sekretariat 12 Pengadilan Agama pada tanggal 17 Januari 2003, termasuk Sekretariat Pengadilan Agama Bontang.

Di tahap berikutnya, Menteri Agama Republik Indonesia melalui Surat Keputusan Nomor B.II/2/84/2003 pada tanggal 21 Januari 2003 mengangkat Drs. H. Aridi, S.H. sebagai Ketua Pengadilan Agama Bontang dan Drs. Mulawarna, S.H. sebagai Wakil Ketua, dan selanjutnya mengangkat Drs. Syahrwani sebagai Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Bontang.

Atas desakan pemerintahan dan masyarakat Bontang, maka pada hari Rabu tanggal 26 Maret 2003, Pengadilan Agama Bontang atas nama Menteri Agama Drs. H. Wahyu Widyana, M.A. selaku Direktur Pembinaan Peradilan Agama Departemen Agama RI meresmikan terbentuknya Peradilan Agama, dan hari itu juga dilaksnakan pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Ketua dan Wakil Ketua oleh Bapak Zaijnal Imamah, S.H. selaku Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimatan Timur. (AFSM)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bontang
Jl. Awang Long No. 69
Kota Bontang - 75313
Kalimantan Timur

Telp: (0548) 23001
e-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Tautan Aplikasi