banner pa bontang

on . Hits: 48

Langkah Nyata Layanan Prima, PA Bontang Tandatangani MoU dan Perjanjian Kerjasama dengan Pemkot Bontang dan Disdukcapil Kota Bontang

Bontang, Selasa (06/04) Bertempat di Ruang Rapat Utama Kantor Walikota Bontang, Ketua PA Bontang H. Samad Harianto, S.Ag., M.H., tandatangani Memorandum of Understanding (MoU)/ Nota Kesepakatan dan Perjanjian Kerjasama dengan Pemerintah Kota Bontang dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bontang Terkait Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Perubahan Elemen status kependudukan Masyarakat.

MOU 1

Turut hadir dalam forum penandatangan Memorandum of Understanding (MoU)/ Nota Kesepakatan dan Perjanjian Kerjasama ini Plh. Walikota Kota Bontang Ir Hj. Aji Erlynawati, Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sudi Priyanto serta Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bontang.

Pelaksanaan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU)/ Nota Kesepakatan dan Perjanjian Kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan Ketua Pengadilan Agama Bontang dengan Plh. Walikota Bontang dan Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 29 Maret 2021 serta Rapat dinas yang dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2021 yang lalu.

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Agama Bontang menyampaikan ucapan terimakasih dan rasa syukur atas respon dan atensi Pemerintah Kota Bontang dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atas terlaksananya Whole Of Government (kerja sama) antar instansi pemerintah sebagai bentuk Pengabdian dan layanan prima kepada masyarakat terutama dibidang Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Perubahan Elemen status kependudukan Masyarakat.

Hal senada juga disampaikan Plh. Walikota Kota Bontang Ir Hj. Aji Erlynawati dalam sambutannya, dimana Pemerintah Kota Bontang sangat menyambut baik terlaksananya penandatangan Memorandum of Understanding (MoU)/ Nota Kesepakatan dan Perjanjian Kerjasama antara Pengadilan Agama Bontang, Pemerintah Kota Bontang dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dimana realisasi kerjasama ini adalah bentuk nyata layanan prima bagi seluruh Masyarakat Kota Bontang.

Adapun isi dan poin utama dari Memorandum of Understanding (MoU)/ Nota Kesepakatan dan Perjanjian Kerjasama ini adalah meliputi kemudahan perubahan elemen status kependudukan bagi masyarakat yang telah diputus cerai oleh Pengadilan Agama Bontang yang putusannya telah berkekuatan hukum tetap (BHT).

MOU 2

Bentuk kemudahan yang akan diberikan kepada masyarakat pencari keadilan adalah bagi masyarakat yang perkaranya telah selesai diproses di Pengadilan Agama Bontang akan mendapatkan dua produk hukum sekaligus, yakni produk akta cerai dan kartu keluarga (KK) yang baru, dengan perubahan status Janda atau Duda, sehingga masyarakat sudah tidak perlu lagi bersusah payah mengurus perubahan statusnya pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bontang.

Manfaat lain yang akan diperoleh oleh masyarakat yang telah bercerai pasca ditandatanganinya perjanjian kerjasama ini adalah masyarakat juga akan langsung menerima KTP Elektronik baru dengan status kependudukan yang baru pulan, yakni dengan status janda maupun duda.

Selain hal-hal tersebut diatas seluruh instansi terkait (Pengadilan Agama Bontang, Pemkot Bontang, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) juga akan juga menerima manfaat dengan ditandatanginya Memorandum of Understanding (MoU)/ Nota Kesepakatan dan Perjanjian Kerjasama ini yang antara lain meliputi: Pemanfaatan data kependudukan, Tukar menukar informasi, Asistensi referensi kebijakan, Peningkatan kualitas sumber daya manusia dan Peningkatan kualitas layanan masyarakat.(AFSM)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bontang
Jl. Awang Long No. 69
Kota Bontang - 75313
Kalimantan Timur

Telp: (0548) 23001
e-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Tautan Aplikasi