• 0548-23001
  • 0548-23001
  • pa-bontang@pta-samarinda.net
SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI PENGADILAN AGAMA BONTANG. BEBAS PUNGUTAN LIAR. UNTUK PENGADUAN HUBUNGI 082358671506.
Sejarah PA~Bontang



Pengadilan Agama Bontang, adalah salah satu Pengadilan Agama yang berada dalam wilayah kerja Pengadilan Tinggi Agama Samarinda Propinsi Kalimantan Timur. Kantor Pengadilan agama Bontang terletak di komplek perkantoran Pemerintah Kota Bontang dan beralamat di jalan Awang Long Nomor 69 Bontang. Kota Bontang adalah sebuah kota di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kota ini terletak sekitar 120 kilometer dari Kota Samarinda, berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Timur di utara dan barat, Kabupaten Kutai Kartanegara di selatan dan Selat Makassar di timur. Letak geografisnya 0.137° LU dan 117.5° BT.

Pengadilan Agama Bontang diresmikan pertama kali pada tahun 2003. Hal ini sebagai konsekuensi logis dari berdirinya Kota Bontang sebagai hasil pengembangan otonomi daerah sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-undang Nomor 47 tahun 1989, Tentang Pemekaran Wilayah Propinsi dan Kabupaten / Kota. Kota Bontang sebagai hasil pemekaran beberapa wilayah Kutai, diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 12 Oktober 1999, yang kemudian dikenal sebagai hari jadi Kota Bontang.

Sebagai salah satu upaya melengkapi seluruh perangkat pemerintahan, Pemerintah Kota Bontang pada tahun 2002 merekomendasikan kepada Menteri Agama Republik Indonesia agar Pengadilan agama Bontang dapat dibentuk di Kota Bontang untuk melayani para pencari keadilan terutama warga dan penduduk Bontang yang mayoritas beragama Islam. Rekomendasi ini tertuang dalam surat Walikota Bontang Nomor : 400/533/Sosial/III/2002 Tanggal 7 Maret 2002. Sebagai jawaban, Menteri Agama Republik Indonesia dengan suratnya Nomor MA/402/2002, meminta persetujuan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara untuk membentuk 12 Pengadilan Agama baru. MenPan kemudian memberikan persetujuan yang tertuang dalam surat bernomor: 406/M.PAN/11/2002 tanggal 29 Nopember 2002.

Pengadilan Agama Bontang diresmikan pada hari Rabu, 26 Maret 2003 oleh Drs. H. Wahyu Widiana, MA. Direktur Pembinaan Peradilan Agama Departemen Agama Republik Indonesia mewakili Menteri Agama. Pada hari yang sama, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda, H. Zainal Imamah, S.H., M.H., melantik Drs. H. Aridi, S.H., Drs. Mulawarman, S.H., dan Drs. Syarwani, masing-masing sebagai Ketua Pengadilan Agama Bontang, Wakil Ketua, dan Panitera/Sekretaris.

Pengadilan Agama Bontang, sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang, membawahi yurisdiksi 3 (tiga) wilayah Kecamatan di Kota Bontang. Kecamatan-kecamatan tersebut adalah Kecamatan Bontang Utara, Kecamatan Bontang Barat, dan Kecamatan Bontang Selatan. Sementara dalam lingkup tugas dan wewenangnya, Pengadilan Agama Bontang sebagaimana pasal 49 Undang-undang Nomor 3 Tahun 2006 Tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 7 Tahun 1989 Tentang Peradilan Agama, memiliki tugas dan wewenang memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara di tingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam di bidang: a. perkawinan; b. waris; c. wasiat; d. hibah; e. wakaf; f. zakat; g. infaq; h. shadaqah; dan i. ekonomi syari’ah;

Pada saat ini, Ketua Pengadilan Agama Bontang dijabat oleh Drs.H.Arifin,S.H.,M.H Sementara Wakil Ketua dan Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Bontang dijabat masing-masing oleh Drs. H.M.Mursyid dan H.Mursidi,S.H.,M.Hum

Top